Semut dan Gajah

Posted by Satriadp on 21.01

Cerita anak kali ini akan menceritakan sebuah dongeng Binatang: Semut dan Gajah
Dahulu kala di sebuah hutan yang sangat rimba. Hiduplah bermacam-macam binatang, dari yang paling kecil seperti semut dan binatang yang paling besar seperti Gajah.
Gajah sangatlah angkuh, ia mengajui dirinya paling kuat . Gajah binatang yang di segani di hutan tersebut jarena berhasil mengalahkan Harimau si raja hutan.
Gajah dengan mudah mengalahkan Harimau ,dengan belelainya yang panjang , Harimau diangkat dengan belalai gajah dan di banting ke tanah. Karena dapat mengakahakan Harimau Gajah mengaku sebagai penguasa hutan rimba yang baru.
Gajah sangat sombong . karena badannya yang sangat besar , ia berfikir dapat mengalahkan semua binatang . ia menyepelakan hewan hewan yang berada di hutan. Karena kesombongan itu, ia tidak disegani oleh hewan-hewan lainnya.


Pada suatu hari , gajah mengadakan suatu sayembara, siapapun yang dapat mengakahkannya ,berhak menjadi raja hutan mengantikannya.
sayembara tersebut sangat diantusias dari berbagai binatang. Terutama binatang buas yang suka memangsa binatang yang tidak berdaya.
Sayembara pun sudah tiba . semua binatang berkumpul . termasuk binatang besar seperti; Harimau, Badak, Beruang ,dll. Mereka saat ingin melawan Gajah merasa takut. Akhirnya semua binatang tidak ada yang berani menghadapinya.
Kesobongan Gajah pun meningkat> Gajah pun menakuti-nakuti hewan lainnya dengan menjulurkan belalainya yang panjang didepan semua hewan . ia merasa paling kuat dan ditakuti semua hewan. 
Ketika Gajah menunjukan kesombongannya . Tiba-tiba turunlah seekor semut dari pohon.
"Aku ingin mengikuti sayembara ini! Bolehkan aku ikut?"Tanya semut dengan ramah.
"Hai kawan kecil! kau bukanlah tandinganku, tubuhmu saja tidak sebesar ujung ekorku"jawab gajah sambil tertawa.
semut pun kesal tapi tetap rendah hati mendengar jawaban gajah.
gajah pun marah dan langsung memasuki area pertarungan.
"majulah hai kau semut" kata sang  gajah.
dengan gagah berani semut maju ke arena . pertarungan terjadi tidak seimbang.semut diinjak-injak gajah dengan mudah .







semut yang cerdik berhasil naik di atas punggung gajah, tanpa gajah sadari. 
semut tahu kelemahan gajah yang terletak di telinga yang besar dan lebar itu. Perlahan-lahan ia masuk ke dalam lubang telinga gajah ,gajah merasa kesakitan dan berguling" di tanah karena semut mengigitnya. gajah berusaha mengeluarkan semut tapi usahanya sia sia.
"ampun semut aku mengaku kekalahan dan bersalah." kata gajah yang sedang kesakitan.
semut pun keluar karena merasa kasihan ,semut menjawab"makanya jangan angkuh dan sombong kamu besar ,namun ada yang lebih besar sekarang kamu kuat . kekuatan tenaga tidak selau daoat menolong . Namun kecerdikan otak selalu diatas segalannya"ujar semut.
gajah terdiam dan malu . hewan hewan lain bersorak dan menertawai gajah , 


Pesan moral cerita anak dongeng binatang ; semut dan gajah ,adalah sehebat hebatnya kita pasti ada orang lain yang memiliki keahlihan yang lebih tinggi dan jangan meremehkan orang lain.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 21.01

0 komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

CB