Cerita Anak Islami : Belajar dari Nabi Ismail as.

Posted by Unknown on 19.39

Kali ini ceritakananak.blogspot.com akan membawakan suatu kisah islami yang berjudul :

BELAJAR dari NABI ISMAIL


Satu kisah dari Imam Ibnu Jarir Ath-Thobari dalam kitab tafsirnya bahwa Nabiyullah Ismail as. Pernah berjanji untuk bertemu dengan seorang seorang sahabatnya di suatu tempat. Lalu pada suatu hari Ismail as datang, namun sahabat yang sudah berjanji itu lupa. Walaupun demikian Nabi Ismail as. Tetap menunggunya. Bahkan sampai malam pun orang itu tidak datang. Nabi Ismail sampai bermalam di tempat tersebut. Keesokan harinya barulah orang itu datang dan bertanya (dengan takjub) kepada Nabi Ismail : “Engkau belum beranjak dari tempat ini ??” Ismail menjawab: “Iya, aku belum beranjak”. Kemudian orang itu berkata: “Aku benar-benar lupa”. Ismail menjawab: “ Aku tidak akan beranjak sampai engkau datang”.
            Untuk cerita inilah Allah SWT berfirman: “Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al-Qur’an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya. Dia adalah seorang Rasul dan Nabi. Dia menyuruh keluarganya untuk shalat dan menunaikan zakat. Dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Rabb-Nya”. (QS.Maryam:54-55)

            Ayat ini merupakan pujian dari Allah SWT kepada Ismail bin Ibrahim al-Khalil as. Yang menjadi bapak Arab Hijaz seluruhnya, yaitu seseorang yang benar janjinya. Imam Ibnu Katsir menyebutkan bahwa Ibnu Juraij berkata: “Dia (Ismail) tidak akan memberi janji kepada Rabb-Nya kecuali pasti akan dilaksanakannya”. Yatu tidak pernah ia mewajibkan suatu ibadah tertentu dengan nadzar kecuali pasti ia akan menegakkannya dan menunaikan haknya.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 19.39

0 komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

CB