CERITA ANAK : AJI :"TITIK HITAM"

Posted by Unknown on 19.39



Kali ini ceritakananak.blogspot.com mau berbagi cerita lagi nih tentang Aji,kali ini cerita anak Aji berjudul "Titik Hitam"..?apaan tuh yuk simak aja ceritanya.



Suatu hari seorang guru masuk kedalam kelas Aji Pak Wayang namanya,ia meminta muridnya untuk bersiap-siap karena ada tes mendadak.

Pak Wayan :"Pagi anak anak,sekarang kita akan mengadakan tes dadakan, gimana semuanya siap..?"
Jaka :"Anu pak,aku belum belajar ,jadi aku takut kalau nilainya nanti bakalan jelek."
Santi :"Iya pak,aku juga belum belajar."
Aji :"Iya pak."

Aji dan teman sekelasnya merasa cemas dan bimbang karena mereka takut akan nilai yang jelek.
Tanpa pikir panjang Pak Wayan  langsung membagikan kertas pertanyaan, dengan teks yang menghadap kebawah sama seperti biasanya.

Jaka :"Aduh ji gimana nih pasit sulit nih mana belum belajar lagi."
Aji :"Udah kita coba dulu,kan kita belum tau sulit atau enggak."

Setelah Pak Wayan selesai membagikannya,ia meminta untuk membalik kertas pertanyaan dan membalikannya,Namun Aji dan teman sekelasnya terkejut karena tidak ada pertanyaan sama sekali,yang ada hanyalah titik hitam tepat ditengah halaman.

Jaka :"Waduh ini apa nih kok nggak ada pertanyaanya sama sekali cuma titik hitam ditengah...?"
Santi :"Iya yah kok aneh yah.?
Aji :"Iya aku juga bingung maksud Pak Wayan apa yah...?

Pak Wayan yang melihat ekspresi Aji dan teman temannya yang merasa kebingungan dan berkata pada  mereka...

Pak Wayan :"Pak Wayan ingin kalian menulis apa yang kalian lihat disana."
Santi :"Ji kok aneh banget yah..?"
Aji :"Iya yah kalau pertanyaanya suruh begini pasti dapet seratus semuakan."(pikirnya kebingungan)
Jaka :"Udah tulis ajah,lagian cuma disuruh gini doang hehe."

Semuanya kebingungan dengan maksud pertanyaan Pak Wayan dan yang mereka tulis hampir sama yaitu titik hitam ditengah,atau bintik hitam dikertas dan yang lain lain tetapi mereka masih menulis yang merujuk ke titik hitam.

Pada akhir jam kelas,Pak Wayan mengambil semua kertas jawaban dan mulai membaca hasil setiap jawaban dengan keras didepan kelas.Dan memang benar semua murid tanpa pengecualian hanya menjelaskan bintik hitam dan menjelaskan posisinya yang berada di tengah lembar dll.Setelah semuanya dibaca didepan kelas semua murid diam lalu Pak Wayan mulai menjelaskannya..


Pak Wayan :"Pak Wayan sebenarnya tidak mengambil nilai untuk tes ini,Bapak hanya ingin memberikan sesuatu kepada kalian semua untuk direnungkan.Dari jawaban yang bapak peroleh tidak ada satupun yang menuliskan bagian putih dikertas ini.Semuanya hanya terfokus pada titik hitam ini dan hal yang sama terjadi dalam hidup kita anak anak.Kita punya kertas putih untuk dilihat dan dinikmati tapi kita terlalu fokus pada titik hitam ini.Hidup kita dikaruniai oleh Tuhan dengan penuh cinta dan kasih sayang  dan kita memiliki alasan untuk selalu bersyukur.Namun kita hanya terfokus pada bintik bintik gelap seperti masalah kesehatan yang mengganggu kita,uang jajan sedikit,kekecewaan dengan teman,keluarga tetangga dan lain lain. Titik hitam ini sangatlah kecil bila dibandingkan dengan sesuatu yang kita miliki dalam hidup kita tetapi titik hitam selalu mencemari pikiran kita.Jadi apa pelajaran yang kita peroleh dari titik hitam ini..?Yah kita harus selalu bersyukur atas apa yang kita miliki dan berpikirlah positif agar bahagia ,Oke anak anak paham..??

Murid :"Paham pak guru"
Jaka :"Iya yah ji bener,kayak kita mikir kalau Pak Damono itu galak."
Aji :"Iya,padahal Pak Damono nggak galak galak amat malah kita diberi jus waktu kita kehausan
Santi :"Iya tuh betul."




Nama Anda
New Johny WussUpdated: 19.39

0 komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

CB