Kisah Nabi Sulaiman AS Memberi Makanan Untuk Seluuruh Mahkluk

Posted by Satriadp on 19.36


 
Nabi Sulaiman AS adalah salah satu nabi yang diutus Allah. Beliau diberi kelebihan lain dibandingkan dengan nabi lainnya,yaitu diberi kekayakan yang melimpah. Konon, kekayaan orang-orang terkaya didunia sekarang jika disatukan tidak akan mampu memandingi kekayaan Nabi Sulaiman.
Walaupun diberi kekayaan yang banyak , Nabi Sulaiman adalah hamba yang taat dan beriman kepada Allah. Dia tidaklah sombong atau pelit dengan kekayaan yang dimilikinya. Bahkan hingga suatu ketika ,Nabi Sulaiman berkeinginan dan merasa mampu memberi semua makhluk yang hidup dibumi ini termasuk hewan didarat , laut dan udara.
Kisah ini diceritakan didalam kitab Durrotun Naashihiin Fii Al-Wa’izhin bin Ahmad Asy-syakir Al-Khowbawiy. Beliau merupakan ulama yang hidup pada tahun 13 Hijriyah.
Nabi sulaiman pernah memohon kepada Allah untuk mengizinkannya memberi makan semua makhluk hidup di bumi. Namun Allah tidak langsung mengabulkannya doa Nabi Sulaiman dan menjawab,”Sungguh ,engkau (Nabi Sulaiman) tidak akan mampu”.
Namun nabi Sulaiman tidak menyerah begitu saja , beliau kembali memohon kepada allah , hingga allah mengabulkan doa nabi sulaiman untuk memberi makan seluruh mahluk hidup didunia ini.
Setelah itu, mulailah Nabi Sulaiman memerintahkan pasukannya , mulai dari manusia hingga jin untuk memberitahu kepada seluruh makhluk dibumi untuk menhadiri undangan jamuan makannya.
Menurut cerita dalam kitab tersebut , makanan yang disajikan Nabi Sulaiman memiliki panjang setara dengan satu bulan perjalanan, begitu lebarnya . lalu  Allah bertanya kepada Nabi Sulaiman ,”makhluk manakah yang akan memulai makanan yang kau hidangkan?” Nabi Sulaiman menjawab , mereka yang mendarat didarat dan dilaut.”
Kemudian dengan kekuasaan-Nya ,Allah memerintahkan satu Makhluk bear dari golongan ikan untuk menyantap makanan yang disajikan Nabi Sulaiman .
Alangkah terj=kejutnya Nabi Sulaiman ketika melihat satu ikan besar melahap semua hidangan yang sudah disediakan . ikan itu berkata ,”Hai Sulaiman , kenyangkanlah perutku, kini aku masih merasa lapar.”
Sekeyika itu pula , Nabi Sulaiman langsung bersujud dan menangis kepada Allah memohon ampunan karena merasa sombong dan merasa mampu memberi semua makhluk makanan. Satu ikan saja ternyata masih belum cukup.
Pelajaran yang bisa diambil dari kisah Nabi Sulaiman ini adalah mengingatkan bahwa Allah benar benar Maha kaya ,dan tidak ada yang bisa menandingi kekayaan Allah SWT. Bahkan , Kekayaan Nabi Sulaiman tidak sanggup membuat satu ekor ikan kenyang yang merupakan ciptaan Allah.
Sementara Allah memberikan rizki dan makanan kepada semua makhluk hidap yang jumlahnya tak terhingga.



Nama Anda
New Johny WussUpdated: 19.36

0 komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Juga

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

CB